Di bawah ini beberapa contoh soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP8) berikut dengan jawaban dan pembahasannya
1. Suatu hari saya dan teman-teman bersepakat untuk pergi ke perpustakaan kota bersama guna mencari buku untuk mengerjakan tugas sekolah. saya dan seorang teman saya sudah menunggu selama 1 jam di tempat yang disepekati. Namun ada dari dua orang teman saya yang datang terlambat dan emngatakan bahwa mereka membantu seorang ibu yang keserempet mobil dan si pengemudi mobil tersebut meninggalkannya begitu saja. Maka yang akan saya lakukan adalah
A. Menyuruh mereka pulang saja karena sudah tdak bisa menepati janji dan menghargai waktu orang lain
B. Menyutuh mereka untuk duduk dan menanyakan permasalahan yang terjadi dan kondisi mereka
C. Memeberitahu mereka bahwa lain kali mereka tidak akan ditunggu, jika tidak memberikan sama sekali
D. Merasa kesel dan kecewa karena sudah menunggu lama dan menuyuruh mereka pulang saja dan saya langsung ke perpustakaan
E. Mengajak mereka ke perpustakaan kota untuk melupakan peristiwa yang baru saja terjadi
2. Ketika menjadi panitia sebuah acara di kampus anda, anda mendapatkan telpon dari pacar anda bahwa dia membutuhkan bantuan anda untuk menjemputnya ke stasiun kota, pacar anda mengatakan jika seudah mencaoba menghubungi jasa agkutan online tapi tidak ada yang mengambil orderannya sedangkan tugas anda masih banyak dan harus selesai hari ini juga mengingat acara akan dilaksanakan besok harinya, sikap anda
A. Minta maaf dan mengatakan bahwa anda tidak bisa datang untuk menjemputnya
B. Memintanya untuk mencoba lagi untuk memesan jasa kendaraan online
C. Menjemputnya terleibih dahulu dan melanjutkan pekerjaan tertunda selama anda pergi
D. Meminta rekan anada yang lain untuk menyelesaikan tugas anda dan perg menjemput pacar anda
E. Tidak datang menjemput dan resiko diputusin oleh pacar anda
3. Anda diminta atasan anda untuk membantunya weekend ini dikantor menyelesaikan beberapa tugas penting. NAmun dalam perjalanan menuju ke kantor, kendaraan yang anda tupangi tiba-tiba rusaj sehingga harus dioerbaiki terlebih dahulu dan membutuhkan waktu beberapa menit agar bisa digunaan lagi sedangkan atasan anda telah menelpon beruang kali meminta anda segera datang ke kantor karena dia sangat membutuhkan bantuan anda
A. Berusaha secepatnya ke kantor dengan mencoba untuk berjalan kaki
B. Menunggu kendaraan sampai selesai diperbaiki dan meminta atasan menunggu
C. Meminta bantuan atasan di kantor agar segera dijemut dilokasi kerusakan kendaraan yang anda tumpangi
D. BErjalan kaki sambil berusaha mencari tumpangan untuk ke kantor
E. Meinta pengemudi kendaraan yang anda tumpangi untuk memperbaiki kendaraannya dengan cepat
4. Di Perusahaan tempat anda bekerja saat ini memiliki tingkat disipilin dan atusan yang cukup etet dimana setiap karyawan untuk mampu bekerja cepat dan menyelesaiakn semua tugas dan pekerjaan dengan baik anda merupakan seorang karyawan baru yang tentu saja belum terbiasa akan hal tersbut, dalam melakukan semua pekerjaan anda berada di kantor hal apa yang dilakukan
A. Lebih suka bekerja dengan suasana dan bisa saling bertukar pikiran
B. Lebih suka bekerja sendiri dan fokus untuk menyelesaian pekerjaan diemban
C. Meibatkan teman-teman dalam setiap hal kecil terkait pekerjaan yang ada
D. Tekun, teliti, dan bekerja sampai semua pekerjaan dapat cepat diselesakan
E. Lebih suka pekrejaan yang meberikan saya kebebasan yang lebih fleksibel
5. Bulan ini anda menerima berbagai macam keluhan dari pelanggan anda tekait pelayanan dar perushaan terhadap mereka. sebagai perusahaan yang memberika pelayanan anda sudah sepatutnya mengerti aan kebutuhan pelanggan agar mereka tetap menggunakan jasa perusahaan anda, ketika ada seseorang pe;anggan yang adatang menyampaikan keluhannya yang anda lakukan adalah
A. Meminta pelanggan tersebut untuk menyampaikan keluhannya
B. Menayanakan keluhan pelanggan tersebut dan menjadikan bagian dari solusi
C. Mendengarkan setiap keluhan yang masuk kepada anda dengan seksama
D. Mengatasi Keluhan yang amsuk dengan tetap tenang dan fokus
Mencoba mengerti keluhan pelanggan terhadapa perusahaan
6. Karena banyaknya tugas team yang harus diselesaikan anda meminta bantuan teman anda untuk mengerjakan sebuah tugas yang deadline juga bersamaan dengan tugas team yang lain. Namun di tengah proses tugas tersebut kelihatannya teman anda kurang bersemangat mengerjakannya, apa yang anda lakukan
A. Menanyakan hal yang membuatnyatidak bersemangat
B. Megamati dan mencari tahu akar permasalahannya
C. Menyemangati teman untuk mengerjakannya
D. Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya
E. Meinta agar tugas tersebut dapat dieselesaikan tepat waktu
7. Siang ini anda berknjung ke sebuah tempat wisata, karena hari libur tentu saja pengunjung sangat ramai. PAda saat pembelian tiket masuk objek wisata antrian sangat panjang, Kemdian anda melihat seorang ibu hail sedang mengantri selang 10 an antri di belakang anda, ibu tersebut kelihatan sangt lelah ditambah lagi cuaca pad asaat itu panas, apa yang anda lakukan
A. Meminta ibu tersebut untuk mengambil antrian anda
B. Meinta ibu tersebut untuk berpindah ke antrian di depan anda
C. BErtukar posisi antrian denga nibu tersebut
D. Antri seperti biasa karena kondisi sangat panjang
E. Menyuruh ibu tersebut untuk antri di dekat anda
8. Siang ini anda sendang melayani nasabah di kantor anda. antrian cukup panjang. Kemudian ada seorang kakek kakek umur 70 tahun ikut mengantri. KArena terlalu lama dan antrian panjang, Kakek tersebut meminta untuk dilayani terlebih dahulu, sikap anda
A. Minta maaf, Meminta kake tersebiut antri sesuai dengan nomor antrian
B. Minta maaf memintta untuk tetap antri karena elayanan di dasarkan kepada jadwal kedatangan
C. Langsung melayani kakek tersebt karena dia sudah tua
D. Melayani kakek tersebut kemudian memberikan pengertian kepada pelanggan yang lain
E. Memberikan pengerian kepada yang lain dan melayani kakek tersebut
9. Sebagai seorang calon ASN kita dituntut utuk cermat dalam bermedia sosial. Di era milenial sekarng uni marak berita dan informasi hoax di media sosial yang disebarkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyak orang mudah terprovokasi, berdebat kusir sikap anda mengatasi hal ini
A. Membatasi pengunaan media soial yang penting saja
B. Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya
C. Mengenali dari judul berita teradang terkesan provokatif
D. Membacanaya saja kemudian tidak mengambil pusing informasi tersebut
E. Membaca keseluruhan informasi saja
10. Sebuah persuahaan harusnya juga peka terhadap kebutuhan karyawannya. Jangan hanya menuntut untuk bekerja cepat tepat. Tapi juga mengerti permasalahannya dari karyawan. COntohnya saja isu keluarga atau keuangan bisa saja mengaggnggu konsenterasi karyawan dalam bekerja sehingga membuat kinerjanya menurun, harusnya
A. Peruahaan bisa memberikan gaji yang lebih bersar kepada karyawan
B. Memberikan bonus pada karyawan yang berkinerja bagus
C. Membuat kebijakan baru, pinjamam karyawan
D. Meminta setiap pimpinan divisi mau membantu bawakan yang sedang bermasalah dlaam keuangan
E. Memberikan akses untuk karyawan berbisnis sampingan di perusahaan
Baca Juga : https://soalcpnscasn2021.blogspot.com/2021/03/soal-hots-cpnscasn-untuk-test.html
JAWABAN DAN PEMBAHASAN
1. Jawaban : B
B=5, E=4, C=3, D=2, A=1
Pembahasan :
Topik Orientasi terhadap orang lain, Kepedulian dan empati terhadap orang lain tidak menganggap acuh setiap orang, memakai kondisi orang lain terman yang sedang terkena musibah
2. Jawaban : B
B=5, A=4, C=3, D=2, E=1
Pembahasan:
Topik profesionalisme dalam bekerja, kita dituntut untuk lebih mementingkan kepentingan pekerjaan dantanggung jawab terhadap pekerjaan ketika anda hal lain yang menghalanginya dan fokus pada pekerjaan
3. Jawaban : D
D=5, A=4, B=3, E=2, C=1
Pembahasan :
TOpik kreativitas dan inovasi mencari jalan lain dan solusi terhadap permasalan yang ada berusaha untuk datang secepatnya memenuhi tangging jawab memebantu atasan anda secepat mungkun dan mengambil inisiataif agar dapat membantu sesegera mungkin
4. Jawaban : D
D=5, A=4, C=3, B=2, E=1
Pembahasan :
Topik kemampuan bekerja mandiri dan tuntas dapat bekerja dengan cepat, disiplin sesuai prosedur dengan fokus dan ceat dan benar menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkn dan penuh tanggun jawab
5. JAwaban : B
B=5, D=4, C=3, A=2, 3=1
Pembahasan :
Topik orientasi terhadap pelayangan, memberikan pelayanan terbaik, dan optimal dan cepat kepada pelanggan dan serta menyelesaikan keluhan mereka dengan solusi yang terbaik
6. Jawaban : E
E=5, C=4, D=3, A=2, B=1
Pembahasan:
Topik kemampuan mandiri dan tuntas Indikator tanggung jawab terhadap pekerjaan, inisiatif, fokus serius dan konsistetn agar pekerjaan ceat selesai bekerja denga ncepat, tepat dan sesuai prosedur agar bisa diselesaikan tepat waktu
7. Jawaban : C
C=5, A=4, D=3, E=2, B=1
Pembahsan :
Topik Orinetasi pada orang lain, Indikator kepedulianan terhadap orang lain tidak acuh tak acuh, Mem;punyai empati dapat anda lakukan denga ncara bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut sehingga tidak menimbulkan konflik
8. Jawaban : E
E=5, D=4, C=3, A=2, B=1
Pembahasan :
Topik orientasi pada pelayanan, kita harus memberikan pelayanan yang baik cepat dan berorientasi kepuasan pelanggan dalam kasus diatas kita boleh membolehkan mendahulukan kakek tersebut, dengan menjelaskan kepada orang lain terlenih dahulu agar mereka juga harus merasa dihargai pada pelayanan wanita hamil, lansia, iubu menyusui mendapatkan prioritas utama pelayanan
9. Jawaban : B
B=5, E=4, C=3, A=2, D=1
Pembahasan :
Topik Tekhnologi Informasi dan komunikasi kita harus pintar dlam bermedia sosial karena hal ini juga memudahkan kita untuk saling berinteraksi dan memberikan kemudahan untuk permasalahan diatas bisa dengan mengecek sumber berita yang teruji kredibilitasnya
10. Jawaban : C
C=5, A=4, B=3, D=2, E=1
Pembahasan :
Topik orientasi kepada orang lain, kita harus peka dan peduli terhadap permasalahan orang dan berempati jika bisa membantu maka lakukanlah seperti kasus diatas dengan diadakannya pinjaman karyawan akan membantu mereka dan merka juga aka lebih bekerja dengan fokus
Posting Komentar
Posting Komentar