Soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP7) - Soal HOTS CPNS

Ad Unit (Iklan) BIG

Soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP7)

 Di bawah ini beberapa contoh soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP7) berikut dengan jawaban dan pembahasannya

1. Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karywan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabwan di perusahaan anda. Untuk Memeutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah kamu kejakan, bagaimana kamu mengatasinya

A. Bekerja sama dengan dua kandidat yang lain untuk saling membantu
B. Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
C. Memberi buku-buku penunjang di gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
D. Mencari referensi di google dan jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
E. Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya

2. Kamu mempunyai keluarga di luar negeri dan hari ini salah satu dari anak keluargamu tersebut akan liburan di Indonesia dan dititipkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk menjelasakan padanya mengenai keberagaman di Indonesia
A. Mengajaknya mengenal budaya dengan menceitakan sejarah di tempat-tempat yang dilewati
B. Mengajak orang-orang dilingkungan buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut
C. Mengajanya meain ketempat tempat ibadah
D. Jadi wakil orang tuanya biat mendidik dia tentang keberagaman
E. Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarnya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari

3. Anda baru saja pulang liburan dari sebuah pulau, Ketika hendak mengambil barang anda di pengambilan bagasi ternyata koper anda yangberisi oelh oleh buat keluarga anda tidak adam sikap anda
A. Meminta pertanggung jawaban dari pihak maskapai penerbangan
B. Melapor kepda petugas yang berwenang
C. Menanyakan kepada barang anda tidak ada kepada petugas
D. Meminta pihak Bandara bertanggung jawab adan mengganti barang anda
E. Mengurus koper yang hilang dengan membayar asuransi perjalanan

4. Ketika anda sedang mengambil beberapa dokumen di meja CS, tiba-toba datang seorang pelanggan yang marah pada anda karena pelayanan yang kurang baik bahkan sampai mencaci maki anda, yang ada lakukan  adalah
A. Menahan emosi dan menjawab pertanyaanya karena sudah tigas saya melayani
B. Tetap tersenyum dan mendengarkan keluhannta
C. Menasehatinya agar tidak boleh berkata kasar
D. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya
E. BErusaha tidak marah meskipin dicaci dan tetap melayani keluhannya

5. Anda merupakan seorang kurir yang setiap harinya bertugas mengantarkan kiriman barang kerumah pelanggan. Ada tidak tahu isi dari barang yang anda antar tersebut, tugas anda hanya mengantarkan ke alamat. Suatu hari, anda dikomplainn karena barang yang anda atar keliru, bagaimana sikap anda?
A. Mendengarkan dan menjelaskan bahwa anda hanya kurir yang tugasnya hanya mengantar barang saja
B. Mendengarkan dan memberikan solusi supaya kejadian ini tidak berulang
C. Mendengarkan dan meminta maaf serta besedia untuk mengantarkan barang yang tepat secepatnya
D. Mendengarkan saja supaya dia merasa di pahami setelah itu tidak perlu melakukan apapun
E. Minta maaf, mendengarkan dan memberitahu ke atasan anda jila ada barang yang keliru

6. Anda merupakan seorang manajer pada sebuah perusahaan. Sudah beberapa bulan ini adalah satu karya wan yang tidak bekerja dengan baik, bahkan cenderung menghambat aktivitas diperusahaan, banyak pekerjaan yang tertunda karena harus menunggu dia menyelesaikan pekerjaannya, terkadang setelah ditunggu hasilnya sangat buruk, padahal anda sudah memastikan bahwa beban ekerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan peraturang dan prosedur perusahaan. PERusahaan pun telah memberikan kersempatan beberapa kali untuk perbaikan dan memberi pelatihan, namun setelah diamati tidak ada perubahan sama sekali, yang anda lakukan adalah
A. Memberi kesempatan terus sampai dia bisa berubah menunjukkan performa terbaiknya, meski akan mengganggu kinerja perusahaan
B. Memerikan kesempatan karena setiap karyawan berhak atas hal tersebut
C. Terpaksa mencari penggantinya agar kinerja perushaan kembali memabik
D. Memberhentikannya dan memastikan semua keputusan saya terdokumentasi
E. Memberhentikan karyawan yang bermasalah tersebut, karena tidak bekerja dengan baik

7. Di divisi temapt anda bekerja sedang terjadi sebuah masalah yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dlaam menyelesaikan tugasnya. Anda sebagai atasan sudah mencoba untuk berfikir dan memandang masalah tersebut secara objektif dan menganalisi setiap karyawan yang adapat terpengaruh atas masalah tersebut, kemudian yang anda lakukan adalah
A. Meminta mereka untuk berpatisipasi lebih baik lagi dan patuh terhadap semua kebijakan yang akan diambil
B. Menyuruh mereka mematuhi semua kebijakan meminta penyelesaian dari masalah tersebut
C. Meminta masukan dari mereka dan membuat keputusan secepatnya agar dipatuhi semua karyawan divisi
D. Membuat keputusan secepatnya dan memberitahu karyawab akan hal tersebut, agar tidak kaget
E. Meminta masukan dari mereka, melakukan revisi seperlunya dan kemudian mengajak mereka turut mengimplementasikan rencana yang telah disepakati bersama

8. Anda diminta atasan anda untuk menyelesaiakn sebuah maslaah di dalam pekerjaan karena atasan anda menilai anda karyawan yang paling mampu mengatasinya dengan baik dan efektif. Namun ketika di tengah jalan penyelesaian yang anda berikan permasalahan tersebut sedikit kurang optimal untuk memberikan solusi terbaik seprti yang di harapkan perusahaan, yang anda lakukan adalah ..
A. Saya akan merubah semua solusi yangada dan membuat penyelesaian baru
B. Saya meminta atasan untuk memberikan saya waktu lebih untuk memikirkannya
C. Saya melakukan atas keputusan tersebut, terkadang modifikasi kecil sudah cukup
D. Mengembalikan tugas tersebur kepada atasan untuk di limpahkan kepada karyawan lain
E. Memikirkan cara yang paling eektif dari penyelesian sebelumnya

9. Anda telah bekerja sesuai SOP yang perusahaan berikan kepada setiap karyawan dengan jelas, sudah terdokumentasi sebagaik panduan bagi setiap karyawan dalam bekerja dan telah menerapkan setiap hari dengan bikn, namun terkadang ada kondisi dimana sebuah perusahaan yang timbuk tidak dijelaskan bahkan tidak ada didalam SOP yang perusahaan berikan, yang akan anda lakukan adalah …
A. Tetap mengikuti SOP yang ada meskipun pekerjaan selesai jadi sangat lama dan menggangu kinerja
B. Meminta bantuan kepada rekan karyawan yang pain untuk dicarikan solusi terbaij
C. Melihat dari kondisi yangada dan saya sesuaikan dengan misi perubahan agar pekerjaan cepat terselesaikan
D. Menyuruh atasan untuk mereview kembali SOP yang ada agar karyawan dapat bekerja dengan baik
E. Memikirkan penyelesaian yang sekira cocok dan bisa saya kerjakan sesuai kemampuan saya dan misi perusahaan

10. Anda baru saja di mutasi ke sebuah cabang baru dari perusahaan anda yang berlokasi diluar kota anda diberikan tanggun jawab yang lebih besar dari sebelumnya untuk mengontrol dan mewujudkan tujuan perushaan di kantor cabang baru tersebut  dan memajukan perusahaan, Namun cabang baru tersebut di isi oleh karyawan-karyawan baru dari daerah dan bekum berpengalaman, yang anda lakukan adalah
A. Memberitahukan kepada karyawabn baru tersebut terkait pekerjaan yang harus mereka kerjakan
B. Menyuruh mereka untuk lebih berinisiatif untuk menimprovisasi diri dan meningkatkan kualitas dalam bekerja
C. Menyuruh mereka membaca semuatugas mereka dan menerapkannya dalam setiap pekerjaan
D. Meminta untuk bekerja maksimal dan loyal terhadap perusahaan
E. Mengkomunikasikan sasaran perusahaan dan memotivasi staf saya untuk mencapainya

Baca Juga : https://soalcpnscasn2021.blogspot.com/2021/03/soal-hots-cpnscasn-untuk-tes-wawasan.html

JAWABAN DAN PEMBAHASAN

1. Jawaban : B
B=5, D=4, C=3, A=2, E=1

Pembahasan :
Topik kemampuan belajar berkelanjutan, Indikator gemar membaca dan terus menimbah ilmu, berfikiran maju dan punya tekad untuk berkembang dan suka tantangan, dari persoalan diatas opsi B yang paling tepat langsung action, menunjukkan kita orang mampu bekerja berkelanjutan

2. Jawaban : E                   
E=5, D=4, A=3, B=2, C=1

Pembahasan :
Topik Soial Budaya, Indikator penghormatan terhadap budaya dan menrdukasi anak tersebut karena sudah dititipkan orang tuanya kepada anda dengan mengajarkan keberagaman melalui tindakan sehari-hari bukan saat jalan-jalan saja

3. Jawaban B
B=5, A=4, E=3, C=2, D=1

Pembahasan
Topik Kemampuan mengendalikan diri, Indikator agar tetap tenang dan bersikap dewasa jika terjadi masalah dan mengikuti SOP di bandara jika ada barang hilang harus melapor kebagian yang berwenang yang menangani kehilangan barang

4. Jawaban : D
D=5, A=4, B=3, E=2, C=1

Pembahasan :
Topik orientasi pada pelayanan, Indikato cepat tanggap terhadap keluhan pelanggan dan mendengarkan keluhannya dengan baik, agar pelnaggan merasa dihargai karena buruknya pelayanan baik minta maaf dan tetap mendengarkan keluhannya, tetap focus pada kebutuhan dari pelanggan

5. Jawaban : E
E=5, C=4, A=3, B=2, D=1

Pembahasan :
Topik pada pelayanan, Indikator harus ceat tanggal dengan keluhan dan segera mungkin mencarikan soulsi agar pelanggan merasa di layani, Opsi E yang paling berorientasi ppada pelayanan cepat tanggap saati itu juga dengan langsung mengkofirmasi via telepon kepada atasan jika barang keliru baru menunggu untuk melakukan perintah atasan selanjutnya

6. Jawaban : D
D=5, E=4, C=3, B=2, A=1

Pembahasan :
Topik kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, sebagai atasan kita harus mampu mengkoodinir bawahan, memberikan kesempatan untuk perbaikan dan perlatihan namun jika tidak ada perubahan maka seorang atasan harus tegas, karena atasan juga punya tanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan yang dikelolanya

7. Jawaban : E
E= 5, C=4, A=3, D=2, B=1

PEmbahasan :
Topik Kemampuan menggerakkan dan mengkordinir orang lain, sebagai atasan harus melibatkan bawahan tetapi keputusan tetap ada di tangan kita memberikan pemahaman dan bagian fari kelompok harus saling terbuka, saling bertanggung jawab dan memiliki kesadaran serta selalu mengkomunikasikan setiap ada permasalahan

8. Jawaban : C
C=5, E=4, A=3, B=2, D=1

Pembahasan :
Topik kreativitas dan inovasi mampu memikirkan hal-hal- kreatif dan imajinasi untuk melakukan perbaikan pada sebuah proses sehingga mendapatkan hasil terbaik, tidak harus merubah tapi melakukan modifikasi sehingga apa yang menajd tujuan dapat tercapai

9. Jawaban : C
C=5, E=4, B=3, D=2, A=1

Pembahasan :
Topik kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadapt pekerjaan dengan baik tidak menyalahi perusahaan dan menyelesaikan pekerjaan secara cepat

10. Jawaban : E
E=5, A=4, C=3, D=2, B=1

Pembahasan :
Topik kemampuan menggerakaan dan mengkordinir orang lain, menunjukkan sikap dan kemampuan memimpin dan katalisator yang dapat mempengaruhi orang lain, sebagaom atasan kita harus mengkomunikasikan, memberitahu kepada bawahan tujuan perusahaan dan membimbinng mereka terutama jika karyawan belum berpengalaman

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter