Di bawah ini beberapa contoh soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP7) berikut dengan jawaban dan pembahasannya
1. Anda termasuk ke dalam salah satu
dari 3 kandidat karywan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabwan di
perusahaan anda. Untuk Memeutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada,
pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah kamu kejakan,
bagaimana kamu mengatasinya
A. Bekerja sama dengan dua kandidat yang
lain untuk saling membantu
B. Membaca berbagai referensi yang
mendukung penyelesaian tugas tersebut
C. Memberi buku-buku penunjang di
gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
D. Mencari referensi di google dan
jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
E. Meminta bantuan dan pencerahan
kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya
2. Kamu mempunyai keluarga di luar
negeri dan hari ini salah satu dari anak keluargamu tersebut akan liburan di
Indonesia dan dititipkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk
menjelasakan padanya mengenai keberagaman di Indonesia
A. Mengajaknya mengenal budaya dengan
menceitakan sejarah di tempat-tempat yang dilewati
B. Mengajak orang-orang dilingkungan
buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut
C. Mengajanya meain ketempat tempat
ibadah
D. Jadi wakil orang tuanya biat
mendidik dia tentang keberagaman
E. Menjadi perpanjangan tangan orang
tua untuk mengajarnya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari
3. Anda baru saja pulang liburan dari
sebuah pulau, Ketika hendak mengambil barang anda di pengambilan bagasi
ternyata koper anda yangberisi oelh oleh buat keluarga anda tidak adam sikap
anda
A. Meminta pertanggung jawaban dari
pihak maskapai penerbangan
B. Melapor kepda petugas yang berwenang
C. Menanyakan kepada barang anda tidak
ada kepada petugas
D. Meminta pihak Bandara bertanggung
jawab adan mengganti barang anda
E. Mengurus koper yang hilang dengan
membayar asuransi perjalanan
4. Ketika anda sedang mengambil
beberapa dokumen di meja CS, tiba-toba datang seorang pelanggan yang marah pada
anda karena pelayanan yang kurang baik bahkan sampai mencaci maki anda, yang
ada lakukan adalah
A. Menahan emosi dan menjawab pertanyaanya
karena sudah tigas saya melayani
B. Tetap tersenyum dan mendengarkan
keluhannta
C. Menasehatinya agar tidak boleh
berkata kasar
D. Meminta maaf dan mendengarkan
keluhannya
E. BErusaha tidak marah meskipin dicaci
dan tetap melayani keluhannya
5. Anda merupakan seorang kurir yang
setiap harinya bertugas mengantarkan kiriman barang kerumah pelanggan. Ada
tidak tahu isi dari barang yang anda antar tersebut, tugas anda hanya
mengantarkan ke alamat. Suatu hari, anda dikomplainn karena barang yang anda
atar keliru, bagaimana sikap anda?
A. Mendengarkan dan menjelaskan bahwa
anda hanya kurir yang tugasnya hanya mengantar barang saja
B. Mendengarkan dan memberikan solusi
supaya kejadian ini tidak berulang
C. Mendengarkan dan meminta maaf serta
besedia untuk mengantarkan barang yang tepat secepatnya
D. Mendengarkan saja supaya dia merasa
di pahami setelah itu tidak perlu melakukan apapun
E. Minta maaf, mendengarkan dan
memberitahu ke atasan anda jila ada barang yang keliru
6. Anda merupakan seorang manajer pada
sebuah perusahaan. Sudah beberapa bulan ini adalah satu karya wan yang tidak
bekerja dengan baik, bahkan cenderung menghambat aktivitas diperusahaan, banyak
pekerjaan yang tertunda karena harus menunggu dia menyelesaikan pekerjaannya,
terkadang setelah ditunggu hasilnya sangat buruk, padahal anda sudah memastikan
bahwa beban ekerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan peraturang dan
prosedur perusahaan. PERusahaan pun telah memberikan kersempatan beberapa kali
untuk perbaikan dan memberi pelatihan, namun setelah diamati tidak ada
perubahan sama sekali, yang anda lakukan adalah
A. Memberi kesempatan terus sampai dia
bisa berubah menunjukkan performa terbaiknya, meski akan mengganggu kinerja
perusahaan
B. Memerikan kesempatan karena setiap
karyawan berhak atas hal tersebut
C. Terpaksa mencari penggantinya agar
kinerja perushaan kembali memabik
D. Memberhentikannya dan memastikan
semua keputusan saya terdokumentasi
E. Memberhentikan karyawan
yang bermasalah tersebut, karena tidak bekerja dengan baik
7. Di divisi temapt anda bekerja sedang
terjadi sebuah masalah yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dlaam
menyelesaikan tugasnya. Anda sebagai atasan sudah mencoba untuk berfikir dan
memandang masalah tersebut secara objektif dan menganalisi setiap karyawan yang
adapat terpengaruh atas masalah tersebut, kemudian yang anda lakukan adalah
A. Meminta mereka untuk berpatisipasi
lebih baik lagi dan patuh terhadap semua kebijakan yang akan diambil
B. Menyuruh mereka mematuhi semua
kebijakan meminta penyelesaian dari masalah tersebut
C. Meminta masukan dari mereka dan
membuat keputusan secepatnya agar dipatuhi semua karyawan divisi
D. Membuat keputusan secepatnya dan
memberitahu karyawab akan hal tersebut, agar tidak kaget
E. Meminta masukan dari mereka,
melakukan revisi seperlunya dan kemudian mengajak mereka turut
mengimplementasikan rencana yang telah disepakati bersama
8. Anda diminta atasan anda untuk
menyelesaiakn sebuah maslaah di dalam pekerjaan karena atasan anda menilai anda
karyawan yang paling mampu mengatasinya dengan baik dan efektif. Namun ketika
di tengah jalan penyelesaian yang anda berikan permasalahan tersebut sedikit
kurang optimal untuk memberikan solusi terbaik seprti yang di harapkan
perusahaan, yang anda lakukan adalah ..
A. Saya akan merubah semua solusi
yangada dan membuat penyelesaian baru
B. Saya meminta atasan untuk memberikan
saya waktu lebih untuk memikirkannya
C. Saya melakukan atas keputusan
tersebut, terkadang modifikasi kecil sudah cukup
D. Mengembalikan tugas tersebur kepada
atasan untuk di limpahkan kepada karyawan lain
E. Memikirkan cara yang paling eektif
dari penyelesian sebelumnya
9. Anda telah bekerja sesuai SOP yang
perusahaan berikan kepada setiap karyawan dengan jelas, sudah terdokumentasi
sebagaik panduan bagi setiap karyawan dalam bekerja dan telah menerapkan setiap
hari dengan bikn, namun terkadang ada kondisi dimana sebuah perusahaan yang
timbuk tidak dijelaskan bahkan tidak ada didalam SOP yang perusahaan berikan,
yang akan anda lakukan adalah …
A. Tetap mengikuti SOP yang ada
meskipun pekerjaan selesai jadi sangat lama dan menggangu kinerja
B. Meminta bantuan kepada rekan
karyawan yang pain untuk dicarikan solusi terbaij
C. Melihat dari kondisi yangada dan
saya sesuaikan dengan misi perubahan agar pekerjaan cepat terselesaikan
D. Menyuruh atasan untuk mereview
kembali SOP yang ada agar karyawan dapat bekerja dengan baik
E. Memikirkan penyelesaian yang sekira
cocok dan bisa saya kerjakan sesuai kemampuan saya dan misi perusahaan
10. Anda baru saja di mutasi ke sebuah
cabang baru dari perusahaan anda yang berlokasi diluar kota anda diberikan
tanggun jawab yang lebih besar dari sebelumnya untuk mengontrol dan mewujudkan
tujuan perushaan di kantor cabang baru tersebut
dan memajukan perusahaan, Namun cabang baru tersebut di isi oleh
karyawan-karyawan baru dari daerah dan bekum berpengalaman, yang anda lakukan
adalah
A. Memberitahukan kepada karyawabn baru
tersebut terkait pekerjaan yang harus mereka kerjakan
B. Menyuruh mereka untuk lebih
berinisiatif untuk menimprovisasi diri dan meningkatkan kualitas dalam bekerja
C. Menyuruh mereka membaca semuatugas
mereka dan menerapkannya dalam setiap pekerjaan
D. Meminta untuk bekerja maksimal dan
loyal terhadap perusahaan
E. Mengkomunikasikan sasaran perusahaan
dan memotivasi staf saya untuk mencapainya
Baca Juga : https://soalcpnscasn2021.blogspot.com/2021/03/soal-hots-cpnscasn-untuk-tes-wawasan.html
JAWABAN DAN PEMBAHASAN
1. Jawaban : B
B=5, D=4, C=3, A=2, E=1
Pembahasan :
Topik kemampuan belajar berkelanjutan, Indikator gemar membaca dan terus
menimbah ilmu, berfikiran maju dan punya tekad untuk berkembang dan suka
tantangan, dari persoalan diatas opsi B yang paling tepat langsung action,
menunjukkan kita orang mampu bekerja berkelanjutan
2. Jawaban : E
E=5, D=4, A=3, B=2, C=1
Pembahasan :
Topik Soial Budaya, Indikator penghormatan terhadap budaya dan menrdukasi anak
tersebut karena sudah dititipkan orang tuanya kepada anda dengan mengajarkan
keberagaman melalui tindakan sehari-hari bukan saat jalan-jalan saja
3. Jawaban B
B=5, A=4, E=3, C=2, D=1
Pembahasan
Topik Kemampuan mengendalikan diri, Indikator agar tetap tenang dan bersikap
dewasa jika terjadi masalah dan mengikuti SOP di bandara jika ada barang hilang
harus melapor kebagian yang berwenang yang menangani kehilangan barang
4. Jawaban : D
D=5, A=4, B=3, E=2, C=1
Pembahasan :
Topik orientasi pada pelayanan, Indikato cepat tanggap terhadap keluhan
pelanggan dan mendengarkan keluhannya dengan baik, agar pelnaggan merasa
dihargai karena buruknya pelayanan baik minta maaf dan tetap mendengarkan keluhannya,
tetap focus pada kebutuhan dari pelanggan
5. Jawaban : E
E=5, C=4, A=3, B=2, D=1
Pembahasan :
Topik pada pelayanan, Indikator harus ceat tanggal dengan keluhan dan segera
mungkin mencarikan soulsi agar pelanggan merasa di layani, Opsi E yang paling
berorientasi ppada pelayanan cepat tanggap saati itu juga dengan langsung
mengkofirmasi via telepon kepada atasan jika barang keliru baru menunggu untuk
melakukan perintah atasan selanjutnya
6. Jawaban : D
D=5, E=4, C=3, B=2, A=1
Pembahasan :
Topik kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, sebagai atasan kita
harus mampu mengkoodinir bawahan, memberikan kesempatan untuk perbaikan dan
perlatihan namun jika tidak ada perubahan maka seorang atasan harus tegas,
karena atasan juga punya tanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan yang
dikelolanya
7. Jawaban : E
E= 5, C=4, A=3, D=2, B=1
PEmbahasan :
Topik Kemampuan menggerakkan dan mengkordinir orang lain, sebagai atasan harus
melibatkan bawahan tetapi keputusan tetap ada di tangan kita memberikan
pemahaman dan bagian fari kelompok harus saling terbuka, saling bertanggung
jawab dan memiliki kesadaran serta selalu mengkomunikasikan setiap ada
permasalahan
8. Jawaban : C
C=5, E=4, A=3, B=2, D=1
Pembahasan :
Topik kreativitas dan inovasi mampu memikirkan hal-hal- kreatif dan imajinasi
untuk melakukan perbaikan pada sebuah proses sehingga mendapatkan hasil
terbaik, tidak harus merubah tapi melakukan modifikasi sehingga apa yang menajd
tujuan dapat tercapai
9. Jawaban : C
C=5, E=4, B=3, D=2, A=1
Pembahasan :
Topik kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, menunjukkan sikap bertanggung jawab
terhadapt pekerjaan dengan baik tidak menyalahi perusahaan dan menyelesaikan
pekerjaan secara cepat
10. Jawaban : E
E=5, A=4, C=3, D=2, B=1
Pembahasan :
Topik kemampuan menggerakaan dan mengkordinir orang lain, menunjukkan sikap dan
kemampuan memimpin dan katalisator yang dapat mempengaruhi orang lain, sebagaom
atasan kita harus mengkomunikasikan, memberitahu kepada bawahan tujuan
perusahaan dan membimbinng mereka terutama jika karyawan belum berpengalaman
Posting Komentar
Posting Komentar