Soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP6) - Soal HOTS CPNS

Ad Unit (Iklan) BIG

Soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP6)

Di bawah ini beberapa contoh soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP6) berikut dengan jawaban dan pembahasannya

1. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk mengikuti dengan penggunaan tekhnologi informasi dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari. Namun penggunaan tekhnologi informasi di perusahaan anda tidak signifikan, serta kurang bisa memajukan kinerja karyawan dan perusahaan yang anda pimpin. Sikap sebagai pemimpin pada perusahaan tersbeut adalah

A. Memberi memotivasi dan diklat seluruh anggota/karyawan untuk terus meningkatkan ilmu tentang tekhnologi iformasi

B. Berusaha memberi pengetahuan bahwa tekhnologi informasi itu penting dalam bekerja

C. Menggunakan tekhnologi informasi yang lain sekiranya dapat membuat perubahan bagi perusahaan

D. Tidak menggunakan tekhnologi lagi dan berali pada proses manual seperti sebelumnya, namun mancari solusi lainnya

E. Tidak menggunakan tekhnologi informasi karena sudah jelas tidak membantu perusahaan ke arah yang lebih baik


2. Pagi ini anda datang dengan terburu-buru ke kantor, jal ini di sebabkan karena jalanan macet parah sehingga membuat kendaraan yang anda bawa tidak dapat bergerak dan stuck cukp lama di jalan raya, sehingga pada saat sampai di kantor anda hamper terlambat, sedangkan semua karyawan setiap paginya diwajibkan untuk melakukan absen berbasis tehnologi yang jika anda telat, maka dianggap tidak hadir. Pada saat anda hendak buru-buru menuju tempat absen anda melihat seorang ibu-ibu sedang kebingungan untuk mencari pelayanan, sedangkan satpam biasanya bertugas menunjukkan tempat itu belum hadir, apa yang anda lakukan?

A. Memberitahu arah tempat layanan tersebut kemudian absen

B. Menyuruh menunggu arena petugas belum hadir

C. Menyapa ibu itu dan menanyakan keperluannya, kemudian kamu tingga

D. Mengajak inu itu untuk ikut kamu absen sehingga bisa menanyakan keperluan dan mengantarkannya

E. Mengantarkannya ke tempat yang dia inginkan setelah itu absen

 

3. Anda bekerja sebagai seorang karyawan di instansi pemerintahan, hari ini adalah hari terakhir anda bekerja, karena anda sudah mengambil cuti selama seminggu kedepan untuk menjenguk orang tua suami/istri anda yang lagi dilanda musibah. Sebelum cuti anda harus menyelesaikan tugas-tugas oenting terlebih dahulu. Namun tiba-tiba anda diajak atasan anda untuk menemaninya ke kantik untuk mengobrol mengenai pekerjaan dan makan di waktu jam kerja. Hal apa yang anda lakukan

A. Menyetujuinya dan segera langsung ke kantin

B. MEnyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu, baru kemudian bergegas menuju kantin memenuhi panggilan atasan

C. Menolaknya ke kantin dan mengingatkannya dengan sopan agar menjada profesionalitas kerja

D. Melaporkan atasan anda kepada Badan Kepegawaian agar mendapat teguran

E. Meminta tolong rekan kerja lain untuk menggantikan anda menemani atasan di kantin


4. Dalam rangka merayakan ulang tahun anak rekan kerja anda yang sangat dekat dengan anda, Rekan anda mengundang anda dan meminta anda datang ke acara ulang tahun anaknya tersebut yang akan di adakan besok malam di sebuah restoran cepat saji tidak jauh dari kontrakan anda. Anda tahu persis sudah pasti akan akan diadakan pesta untuk ana-anak yang sangat meriah. Padahal anda sendiri sangat tidak menyukai anak-anak, maka yang anda lakukan

A. Menelpon dan memohon maaf karena tidak akan hadir dan memberi kado lain kesempatan

B. Hadir sebentar saja, memberikan kado dan segera pulang untuk menghargao undagannya

C. Datang dengan ekspresi yangtidak menyenangkan karena banyak anak-anak

D. Datang dan memberi kado dan mengikuti acara sampai selesai

E. Tidak datang tanpa konfirmasi apapun karena jika datang anda akan merasa sangat terganggu dengan keberadaan anak-anak


5. Tekhnologi informasi saat ini sangat berkembang pesat dan sangat bermanfaat untuk mempermudah penyampaian informasi di perusahaan anda, tetapi di damping manfaat ternyata juga banyak hal negative yang ditimbulkan oleh penggunaan tekhnologi informasi tersebut. Salah satunya adalah dapat disalahgunakan oleh karyawan anda untuk hal-hal yang bertentangan dengan tujuan perusahaan hal ini tentu akan memberikan dampak yang buruk pada perusahaan anda jika dibiarkan begitu saja. Bagaimana sikap anda sebagaian seorang pimpinan di perusahaan tersebut

A. Mempelajari Tekhnologi informasi tersebut kemudian menerapkan pada perusahaan

B. Menerapkan pada perusahan untuk memudahkan komunikasi dan informasi antasa departemen

C. Membuat batasan-batasan tekhnologi informasi tersbeut agar tidak disalahgunakan kemudian menerapkannya pada perusahaan

D. Akan mempelajari, membuat batasan-batasan kemudian menerapkan pada persusahaan

E. Mencari informasi tentang cara pengunaan tekhnologi informasi dan bagaimana membuat batasan dan menerapkan pada perusahaan

 

6. Saat jam istirahat di kantor, semua rekan-rekan anda berkumpul di kantin untuk makan siang, tiba-tiba salah satu teman anda berbicara dalam Bahasa daerah yang mmebuat semua rekan anda menertawakan teman anda tersebut. Bagaiamna sikap anda menanggapi hal ini?

A. Langsung mengalihkan pembicaraan yang lain tidak berubungan dengan candaan teman anda

B. Ikut menertawakan hal tersebut bersama rekan yang lain

C. Menemui rekan tersebut dibelakang secara personal dan menghiburnya

D. Mengajak ngobrol rekan dan menyampaikan jika candaan tersebut tidak perlu ditanggapi

E. Melaporkan hal ini kepada atasan


7. Anda merupakan seorang waiters pada sebuah restoran. DAtang seorang tamu bersama dengan keluarganya untuk makan di restoran anda. Pada saat menu sudah di hidangkan daitas meja dan mulai menu dinikimati oleh tamu tersebut, kemudian dia memanggil anda dan komplain jika tadi dia minta agar menu yangdia pesan dibuat tidak pedas sama sekali, sikap anda

A. Meminta maaf dan langsung membuatkan menu baru sesuai pesanan

B. Minta maaf dan memohon menunggu agar dibuatkan yang beru

C. Melaporkan kepada bagian dapur yang bertugas memasak

D. Minta maaf dan melaporkan pada bagian dapur

E. Minta maaf fan meminta bagian dapur untuk mengganti menu tersebut


8.  Anda memiliki seorang teman yang bercerita kepada anda dan mengeluhkan suaminya yangpecandu narkoba. Dan memohon bantuan karena dia sudah kehabisan cara menghadapi suaminya. Anda sangat prihatin melihat teman anda yang sangat tertekan itu. Anda memiliki sahabat yang bekerja di lembaga yang merehabilitasi pecandu narkotika, maka tindakan anda

A. Memberi nomor telepon teman, agar dia segera mendaftarkan suaminya di rehabilitasi

B. Memberi nomor teman anda dan memperkenalkan teman anda yang sangat bermasalah kepada teman anda yang jadi petugasnya

C. Menelepon dan memintanya membantu mendaftarkan suami teman yang harus di rehabiitasi

D. TIdak melakukan apapun karena dia harusnya tau sendiri tempat merehablitasi dimana

E. Menyarankan agar segera mendaftar di lembaga rehabilitasi tersebut


9. Anda sedang mengerjaan tugas di perpustakaan dan 1 jam lagi harus selesai. Tiba-tiba ada teman anda yang menanyakan letak suatu buku. Anda tahun dimana letak buku tersebut. Bagaimana anda menyikapinya

A. Meminta maaf dan menyuruhnya untuk bertanya ke petugas perpustakaan saja

B. Menyampaikan kalau anda sedang sibuk

C. Tetap di tempat duduk dan menjelaskan dimana letak buku tersebut

D. Meninggalkan pekeraan anda sebentar untuk mengatarnya menunjukan buku yang dimaksud dan kembali melanjutkan pekerjaan anda

E. Memintanya menunggu sebentar sebentar karena ada tugas yang harus segera selesai


10. Diperusahaan anda baru saja memperbaharui salah satu perangkat IT guna mempermudah tugas karyawan menyelesaikan tugasny. Sikap anda adalah

A. Mengajak rekan-rekan anda untuk mencari informasi bagaimana mengopersikan perangkat tersebut diwaktu kosong

B. Mencari informasi mengenai pengoperasian perangkat tersebut bersama rekan-rekan anda

C. Meminta orang alin untuk mengajar Anda dan rekan-rekan anda dan cara menyelesaikan perangkat tersebut

D. Mencari informasi di internet dan mempelajarinya bersama rekan-rekan anda

E. Menagajak rekan-rekan anda mencari informasi terkait pengoperasian perangkat tersebut sepulang jam kantor


Baca Juga  : https://soalcpnscasn2021.blogspot.com/2021/02/kisi-kisi-materi-menpan-rb-no-23-tahun.html


JAWABAN DAN PEMBASAHAN


1. Jawaban : A

A=5, C=4, B=3, D=2, E=1


Topik kemampuan mengkoordinir dan menggerakkan orang lain, Indikator katalisator dalam organisasi, memberikan dukungan terhadap bawahan, permasalahan pengunaan tekhnologi informasi tidak membawa perubahan pada kinerja, dalam hal ini sebagai pemimpin anda harus mencari tahu penyebabnya. Karena pad sifatnya tekhnologi pasti mempercepat proses kerja, mungkin karyawan belum mahir falam tekhnologi sehingga opsi yang memberikan solusi adalah A


2. Jawbaban : A

A=5, B=4, C=3, D=2, E=1

 

Pembahasan :
Topik Orientasi pada pelayanan, Indikator memberikan bantuan kepada penerima layanan dengan segera. Anda hamper terlambat untuk absen sedangkan ada orang yang lagi mencari arah tempat layanan, maka solusi yang paling tepat adalah menunjukkan arahnya saja, jadi anda membantu orang dan anda juga teta bisa mengerjakan kewajiban anda untuk absen


3. Jawaban : C

C=5, B=4, A=3, E=2, D=1

Pembahasan :

Topik profsionalisme dalam bekerja, Indikator tanggung jawab dan kesdaran diri akan pertauran yang ada. Anda dihadapkan pada masalah tugas yang harus selesai sebelum anda cuti lalu atasan anda mengajak ke kantin untuk membicarakan kerjaan sejaligus makan, selesaikan pekerjaan kita


4. Jawaban : D

D=5, B=4, A=3=, E=2, C=1

                           

Pembahasan :
Topik Kemampuan Beradaptasi, Indikator kemampuan beradaptasi dengan kondisi lingkungan apapun dan tetap tenang terhadap perubahan hal baru, permasalahan undangan pesta anak-anak anda sendiri tidak suka anak-anak, sedangkan teman anda mengharapkan anda hadir, maka opsi D di dalam kondisi ini anda dituntut untuk dapat beradapatsi denga nlingkungan sekitar anda dengan hadir dan ikut acara sampai selesai sudah menghargai teman anda


5. Jawaban : C

C=5, E=2, D=3, A=2, B=1

                                            

Pembahasan :

Topik kemampuan bekerja berkelanjutan, Indikator gemar belajar untuk pengembangan, berfikiran maju dan mengimplementasikannya, masalahnya adanya penyalahgunaan tekhnologi oleh karyawan agar hal tersebut tidak terjadi tentu kita harus berfikir maju dan jauh kedepan dengan cara membuat batasan-batasan tertentu dan opsi yang paling tepat bisa dilakukan adalah opsi C


6.  Jawaban : D

D=5, A=4, C=3, E=2, B=1

 

Pembahasan :

Berkaitan dengan social budaya dan jejaring kerja, mampu beradaptasi dan membina hubungan baik dalam masyarakat majemuk


7. Jawaban : D
D=5, E=4, C=3, B=3, A=1

Pembahasan :
Berkaitan sesuai dengan tugas, fungsi dan porsi jabatan. Tidak membuat keputusan sendiri diluar dari wewenang dan tugas

8. Jawaban : E
E=5, C=4, B=3, A=2, D=1


PEmbahasan :
Berkaitan dengan pelayanan public social budaya jejaring kerja, Menampilkan keramahtamahan dan memberikan saran yang bermanfaat. Pada Soal yang tepat adalah opsi E, sementara setiap opsi yang mengatakan nomor telepon itu kuran sopan, harusnya mengenalkan dahulu. Sementara opsi C tepat, namun tidak lebih tepat dari opsi E karena meminta langsung mendaftakannya (terlalu reaksioner). 

9. Jawaban : C
C=5, A=4, D=3, B=2, E=1

Pembahasan :
Berkaitan dengan profesionalisme, pelayanan publik,  Tetap focus menyelesaikan tugas (prioritas) dan mampu memenuhi kebutuhan orang lain disaat yang sama

10. Jawaban : D               
D=5, A=4, E=3, B=2, C=1

Pembahasan :            
Berkaitan dengan Tekhnologi dan informasi dan komunikasi, Profesionalisme, Menunjukkan sikap yang antusias untuk meningkatkan produktivitas/ kinerja melalui TIK

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter