Di bawah ini beberapa contoh soal HOTS CPNS/CASN untuk Test Karakteristik Pribadi (TKP5) berikut dengan jawaban dan pembahasannya
1. Anda dan tim anda diberikan tugas baru oleh pimpinan, tugas tersebut merurpakan yang lumayan baru dan dan belum pernah anda kerjakan sebelumnya, begitu pun dengan rekan tim yang lain. mereka merasa kebingungan dan juga mereka semua belum memahami maksud dan cara mengerjakan tugas baru tersebut. sikap anda
A. Saya yakin bahwa para anggota tim juga dapat belajar sendiri untuk memahami cara menyelesaikan tugas baru tersebut
B. Saya mempelajari tugas tersebut, lalu membagi pengetahuan saya kepada anggota tim yang lain
C. Saya akan meminta bantuan rekan kerja yang paling pandai untuk mempelajari tugas tersebut, kemudian menjelaskannya pada semua anggota tim
D. Kami mengerjakan bersama-sama tugas tersebut sesuai dengan pemahaman
E. Pimpinan yang memberikan tugas, sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu bagaimana mengerjakan tugas tersebut sebaik-baiknya
2. Malam ini anda bersama anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama. Salah satu diantaranya menggunakan gawai untuk menjelajahi terkhnologi informasi pada gawainya seperti whatsapp, line, twitter, instagra, sikap anda terhadap ilustrasi diatas adalah
A. Membiarkannya karena itu suatu hal yang wajar untuk bersosialisasi dengan rekan di dunia maya
B. Menarik gawainya dan tidak akan mengembalikannya sebelum seluruh anggota keluarga selesai makan
C. Melanjutkan makan dan berbincang dengan anggota keluarga lainnya
D. Menasehatinya pada saat makan untuk tidak menggunakan gawai
E. Menanyakan alasannya menggunakan gawai tersebut dan mengingatkan untuk mematikan gawainya
3. Anda di tunjuk menjadi seorang pemimpin pada sebuah tim dari berbagai lulusan universitas terkemuka. AKhir-akhir ini tim anda mendapatkan banyak tugas dengan dedline yang lumayan singkat, akan tetapi tim anda selalu berhasil menyelesaikan tugas-tigas tersebut dengan hasil memuaskan, banyak yang menilai jika kinerja tim anda sangat bagus menurut anda penyebanya
A. Seluruh anggota tim bekerja dengan disiplin dan profesional dalam menyelesaikan tugas
C. Anggota tim masing-masing mempunyai potensi yang bagus di setiap bidangnya
A. Menyesali perbuatan dengan bersedekah membantu korban bencana dan aktif di organisasi kemanusiaan
A. Wajar apabila tekhnologi memiliku
dampak yang buruk
B. Memperketat aturan yang ada
C. Perlu membatasi tekhnologi tersebut
dan saya tetap menggunakan cara lama
D. Membiarkannya saja karena bukan
salah saya
E. Melaporkannya kepada atasan agar
segera dapat diperbaiki
8. Anda seorang resepsionis di suatu
kantor yang bergerak dalam bidang pelayanan. Banyak keluhan yang ditujukan pada
instansi tempat anda bekerja. Padahal di intansi anda tersebut terdapat
fasilitas untuk keluhan online, sikap anda
A. Menerima keluhan para konsumen
sembari mengajarkan cara menyamaikan keluhan secara online
B. Menerima dan menanggapi keluhan
sembari mengajarkan cara menyamaikan keluhan secara online
C. Menerima dan menyelesaikan konsumen
sambil menanyakan apakah ada kesulitan saat menyampaikan keluhan secara online
D. Menyelesaikan keluhan konsumen
sambil menanyakan apakah ada kesulitan saat menyampaikan keluhan secara online
E. Mendengarkan keluh kesah konsumen
tentang masalahnya dan mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara Online
9. Rekan kerja anda dimarahi oleh
atasan pada saat mengumpulkan tugas tim karena sudah telat beberapa jam
mengumpulkan tugasnya. Hal ini
disebabkan karena rekan anda lagi semua tersebut harus mengkomplikasi
pekerjaan tersebut terlebih dahulu sebelum dikumpulkan ditambah lagi semua
rekan anggota tim mengumpulkan tugas pribadi mereka juga terlambat, sehingga
ekan anda yang bertugas untuk mengkomplikasi setiap pekerjaan jadi tidak
meneyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, sikap anda
A. Mendengarkan rekan anda dimarahi
setelah itu memberikan masukan semangat untuk tidak dimasukkan kehati ucapan
atasan
B. Minta kepada teman karena
keterlambatan juga disebabkan oleh anggota tim yang lain
C. Mengakui kesalahan kepada atasan
jika anda ingin turut berkontribusi pada masalah tersebut
D. Mengakui kesalahan kepada teman dan
berjanji tidak akan mengulanginya lagi
E. Mengajak rekan anda untuk
membicarakan dan menghibur rekan yang dimarahi atasan
10. Anda bekerja sebagai juru masak di
sebuah restoran besar. Ketika restoran sedang ramai, tiba-tiba saudara Anda
datang meminta tolong aAnda untuk mengantarkan ke bandara. Sikap anda adalah
A. Meminta izin pemilik restoran untun
mengantar saudara Anda ke Bandara
B. Meminta izin pemilik restoran untuk
mengantar saudnra Anda ke Bandara karena tidak yang bisa mengantarkan
C. Menyarankan saudara Anda untuk naik
angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai
D. Meinta saudara Anda untuk menunggu
karena restoran ramai dan mengantarkan ke bandara seltelah restoran selesai
jika memungkinkan
E. Meminta teman untuk mengantarkan
saudara Anda ke bandara karena restoran ramai sehingga Andatidak dapat
mengantarkan sendiri
Baca juga : https://soalcpnscasn2021.blogspot.com/2021/02/soal-hots-cpnscasn-untuk-tes_10.html
Pembahasan :
Topik Teknologi Informasi dan Komunikasi, Indikator penguasaan terhadap tekhnologi dan dapat menggunakannya, menunjukkan anda orang mampu belajar tekhnologi informasi sebagai sarana komunikasi dengan orang lain jawaban yang tepat opsi A
Pembahasan :
Topik kemampuan bekerja sama dengan kelompok indikator kesadaran akan tugas dan tanggung jawab yang dilaksakana dengan dispiln dang koperatif kesadaran masing-masing anggota tim dan disiplin terhadap pekerjaan maka opsi A adalah pilihan yang tepat menunjukkan tanggung jawab atas pekerjaan
Karena
masik berupa ide dan gagasan, yang paling tepat adalah dengan
menegurnya/mengingatkannya. Jangan mengambil sikap frontal kecuali sudah dalam
bentuk talenta tertentu dapat digugat (tulisan, buku, desain yang telah
dipublikasikan dsb) dapat dilaporkan plagiarism
7. Jawaban : E
Pembahasan
Berkaitan
dengan profesionalisme, TIK, jejaring kerja
Jika
disoal tidak disebutkan subjek, maka kamu posisikan diri sebagai staf/bawahan.
Oleh karena itu, jika timbul dampak buruk akibat pengaplikasian tekhnologi, harus dilaporkan kepada atasan
agar segera diambil tindakan.
8. Jawaban : B
B=5,
C=4, A=3, D=2, E=1
Pembahasan
Berkaitan
dengan pelayanan publik, professional, TIK
Menampilkan
perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efefktif agar bisa memenuhi
kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas wewenang yang dimiliki
Pembahasan
:
Berkaitan
dengan prosionalisme, jejaring kerja
Menyelesaikan
permasalahan dengan melihat akar permasalahan, secara professional jika kita
melakukan kesalahan segera minta maag dan bernjanji untuk tidak mengulanginya
kembali, jika ada kerugian material harus dapat dipertanggungjawabkan
Posting Komentar
Posting Komentar