soal HOTS CPNS/CASN untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK9) - Soal HOTS CPNS

Ad Unit (Iklan) BIG

soal HOTS CPNS/CASN untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK9)

Di bawah ini beberapa contoh soal HOTS CPNS/CASN untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK9) berikut dengan jawaban dan pembahasannya

1. Arlan adalah seorang pengusaha keripik singkong “Lezatos” yang cukup sukses. Banyak cabang “Lezatos” yang bertebaran di seluruh wilayah Indonesia. Meskipun telah sukses, abdul tidak lupa diri dan merasa sombong. Banyak dari pegawai lamanya yang dibimbing supaya tidak selamanya menjadi pegawai di usaha keripik singkongknya. Arlan ingin agar pegawai lainnya mendirikan usaha pertanian singkong sendiri, sehingga mereka bisa berdikari dan hasil dari usaha pertanian singkong tersebut bisa menjadi siplai  raw material bagi perusahaan “Lezatos”. Dengan hasil didikan dan bantuan modal oleh Arlan, akhirnya beberapa pegawai lama “Lezatos” bisa sukses, berdikari, dan menjadi mitra “Lezatos” sebagi suplai. Tindakan Arlan tersebut secara nyata merupakan implementasi dari butir pancasila sila ke….
A.   1
B.   2
C.   3
D.  4
E.   5

2.Indonesia yang dilakukan oleh perusahaan asing telah mengakibatkan kerusakan alam yang massif. Sumber minyak disedot, batubara, emas dan nikel dikeruk demi menguntungkan sebagian kolompok saja. Hal ini sangat bertentangan dengan pancasila khususnya sila ke ?

A.   Satu

B.   Dua

C.   Tiga

D.  Empat

E.   Lima 


3. Mengakui persamaan derajat saling mencintai sesama manusia, sikap tenggan rasa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan adalah butir implementasi pancasila, sila ke

A.   Sila Pertama

B.   Sila Kedua

C.   Sila Ketiga

D.  Sila Keempat

E.   Sila Kelima


4. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1)   Mengembangkan sikap toleransi terhadap nilai-nilai dan norma social yang berbeda-beda dari setiap anggota kelompok masyarakat yang ada

2)   Menegakkan supremasi hukum

3)   Mengembangkan sikap chauvinisme melalui penghayatan wawasan berbangsa dan bernegara

4)   Menyelesaikan semua konflik yang ada dengan cara kekerasan dan voting

5)   Meninggalkan sikap primordialisme yang berlebihan
Yang merupakan sikap kritis yang harus dikembangkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat multicultural ada pada nomor….

A.   1,2,3

B.   1,3,5

C.   2,4,5

D.  3,4,5

E.   1 dan 5


5. Akhir-akhir ini sering kali kita mendengar atau melihat secara langsung baik di media banyaknya peritiwa tawuran yang terjadi di kalangan para pelajar. Peritiwa tawuran pelajar tesebut merupakan conroh pelanggaran serius dan mengancam terhadap ketertiban masyarakat yang disebabkan oleh….

A.   Kesadaran terhadap keberagaman tinggi

B.   Lemahnya pemahaman terhadap bela Negara

C.   Rendahnya rasa cinta tanah air

D.  Tingginya sikap individualistic kelompok atau perorangan

E.   Memudarnya nilai dan norma dalam pergaulan


6. Proses perjuangan kemerdekaan sampai pada titik yang membahagiakan untuk mendirikan Negara yang berdaulat, merdeka dan harus diperthanakan memiliki arti bahwa…

A.   Bela neagara merupakan amanat para pendiri Negara

B.   Bela Negara adalah cara mencapi tujuan

C.   Bela Negara merupakan esensi yang hidup dalam nadir warga Negara

D.  Bela Negara dapat mempersatukan keberagaman

E.   Bela Negara dapat merenggut kemerdekaan secara mutlak


7. Pada saat sedang dalam perjalanan, Anda secara kebetulan mendegar atau menyaksikan tindakan sebuah kelompok yang melakukan tindakan yang sekan berupaya untuk melepaskan diri dari Negara kesatuan kita, Tindakan yang sepatutnya dilakukan adalah….

A.   Menjauhi karena takut masuk ke dalam anggota

B.   Membiarkan karena bukan termasuk urusan pribadi

C.   Bersikap masa bodoh terhadap upaya yang dilakukan kelompok tersebut

D.  Segera melaporkan ke pihak berwajib dengan menunjukan bukti-bukti

E.   Acuh terhadap aksi yang ingin dilakukan karena sudah ada lembaga tertinggi yang berwenang


8. Cinta terhadap bangsa merupakan salah satu upaya dalam pembelaan keikutsertaan warga Negara dalam upaya pembelaan Negara yang diupayakan oleh Negara kepada siswa adalah….

A.   Mendapatkan pendidikan kewarganegaraan

B.   Pelatihan wajib militer

C.   Pengabdian masyarakat dalam menjaga batas Negara

D.  Mengabdikan diri berdasarkan kemampuan

E.   Ikut serta menangkal cyber crime


9. Dalam bahasa Indonesia, bentuk kata berikut tidak baku, kecuali

A.   pen-struktur-an, pem-prakarsa, praperadilan, paskapanen

B.   pen-struktur-an, pem-prakarsa, pra-peradilan, pasca-panen

C.   penyetrukrur-an, pemprakarsa, praperadilan, pascapanen

D.  penstrukturan, pemrakarsa, praperadilan, pascapanen

E.   penstrukturan, pemprakarsa, praperadilan, pascapanen



10. Bacalah paragraph penggalan teks cerita sejarah berikut ini dengan saksama!

(1)Sejak abad delapan belas, perdagangan antarpulau dan antardesa sudah berkembang dengan jayanya di nusantara. (2) Bahkan, perdagangan itulah yang menjadi tali persatuan nusantara, bukan serdadu atau pemusatan kekuasaan. (3) Perdagangan itu yang mendorong rasa berbangsa dan menjelmakan bahasa persatuan dengan huruf dan kalender yang sama. (4) Bahka, mampu mendorong tatanan hidup bermasyarakat yang multicultural di kota-kota pelabuhan dan pedalaman. (5) tentu saja penjajah tidak alpa menindas kehidupan perdagangan antardaerah, antarsuku, dan antardesa demi kepentingan hak monopili perdagangan mereka.
Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama pada teks cerita sejarah tersebut terdapat pada nomor….

A.   (1)

B.   (2)

C.   (3)

D.  (4)

E.   (5)


Baca Juga https://soalcpnscasn2021.blogspot.com/2021/02/soal-hots-cpnscasn-untuk-tes_16.html


JAWABAN DAN PEMBAHASAN 


1. Jawaban : E
Pembahasan :
Arlan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila sila ke 5 pada butir yang berbunyi Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri dan karena ingin bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

2. Jawaban : C
Pembahasan :
Eksploitasi besar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan asing yang mengakibatkan kerusakan alam yang massif sangat bertentangan dengan pancasila ke 3 butir ke 3 yaitu mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa

3. Jawaban: B
Pembahasan:
Didalam soal tersebut sudah ada klunya untuk menjawab pertannyaan yaitu menjunjung tinggi nilai “KEMANUSIAAN” . di samping itu juga nilai kemanusian dapat dijabarkan seperti mengakui hak dan kewajiban derajat martabat, mencintai sesama manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa,  tidak semena-mena terhadap orang lain, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, membela kebenaran dan keadilan, mengakuui bangsa indonsesia merupakan bagian dari kehidupan dunia sehingga mau bekerja sama serta menghargai bangsa orang lain.

4. Jawaban : E

Pembahasan :

Chauvinism dapat juga didefenisikan sebagai bentuk rasa cinta, bangga, loyalitas, fanatisme dan kesetian terhadap Negara dengan cara mengagungkan bangsa sendiri serta merendahkan bangsa lainnya. Pada praktiknya, chauvinism seringkali menyebabkan kontra dan pandangan buruk dari kelompok-kelompok lain karena menunjukan permusuhan kepada bangsa lainnya.

Primordialisme adalah sebuah pandangan  atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, suku bangsa, ras, agama, kepercayaan, daerah asal kelahiran, serta segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya.


5. Jawaban : E

Pembahasan :
Penyebab utama dalam aksi tawuran pelajar disebabkan oleh memudarnya nilai dan norma dalam pergaulan. Maksudnya adalah cara bergaul yang baik sesuai nilai dan norma tidak dilaksanakan dalam menyikapi perbedaan dan permaslahan dalam kehidupan sehari-hari.


6. Jawaban : A
Pembahasan :
Bangsa Indonesia secara harfiah merdeka dan memproklamasikan diri pada tanggal 17 Agsutus 1945 dan bertekad bulat untuk menegakkan, mempertahankan, dan memperjuangkan kedaulatan Negara memiliki arti bahwa usaha pembelaan Negara merupakan amanat dari pendiri Negara sebagai pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan dan harus diisi dengan upaya pembelaan terhadap kemerdekaan demi menjaga kedaulatan.


7. Jawaban : D
Pembahasan :
Tindakan yang harus dilakukan ketika melihat atau mendengar kelompok yang ingin melepaskan diri dari NKRI adalah melaporkan kepada pihak yang berwajib dengan menunjukkan bukti-bukti.


8. Jawaban : A
Pembahasan :
Usaha bela Negara yang diupayakan oleh pemerintah kepada siswa adalah dengan memebrikan pendidikan kewarganegaraan.


9. Jawaban : D
Pembahasan :
Karena didalam kalimat praperadilan dan pascapanen harus tetap disambung dan jangan diberikan spasi dalam kalimat tersebut.


10. Jawaban :E
Pembahasan :
Kalimat pada opsi E tidak padu karena keluar dari ide pokok “perkembangan dan fungsi perdagangan di nusantara.”

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter