soal HOTS CPNS/CASN untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK2) - Soal HOTS CPNS

Ad Unit (Iklan) BIG

soal HOTS CPNS/CASN untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK2)

Di bawah ini beberapa contoh soal HOTS CPNS/CASN untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK2) berikut dengan jawaban dan pembahasannya





1. Setiap tahun selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Presiden Joko Widodo telah memerintahkan menteri terkait untuk mengambil langkah penanggulangan dan pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi lagi dimasa yang akan dating. Peristiwa ini amat mengganggu kegiatan sehari-hari masyarakat dan menyebabkan sekolah diliburkan di beberapa tempat, penundaan penerbangan dan banyak lainnya. Setelah ditelusuri ternyata banyak kebakaran yang terjadi tidak disebabkan oleh peristiwa alam, melainkan ulah tangan manusia khususnya perusahaan sawit yang ingin mengambil langkah cepat untuk melancarkan bisnis mereka. Hal ini adalah bentuk sikap yang sangat bertentangan dengan pancasila khususnya sila ke?

A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
E.    Kelima

2. Radikalisme merupakan salah satu ancaman serius terhadap nilai-nilai luhur pancasila. Ancaman radikalisme ini bisa diminimalisir salah satunya dalam bidang pendidikan, yaitu dengan cara….


A. Penambahan jam pelajaran pendidikan pancasila

B. Pendidikan pancasila sebagai sarana untuk membentuk wawasan bangsa dan karakter

C. Pendidikan pancasila dijadikan tanggung jawab guru dan siswa

D. Perlunya perubahan gaya pembelajaran pendidikan pancasila
E.  Pendidikan pancasila dijadikan dasar dan sumber pembelajaran


3. Andi meminta uang kepada orangtuanya untuk dibelikan sebuah Handphone, namun karena orangtuannya hanya bekerja rongsokan tidak bisa memenuhi keinginan Andi. Karena menerima penolakan akhirnya Andi pun kesal dan marah kemudian bersama teman-temannya pergi ke orkes musik dan mabuk. Saat melewati desa tetangga Andi berulah dengan mencuri di salah satu rumah warga. Namun salah seorang warga melihat hal tersebut kemudian meneriakinya maling dan melaporkan Andi ke pihak yang berwajib. Sikap warga tersebut menunjukan……

A. Profesionalisme
B. Integritas
C. Solidaritas
D. Tenggang Rasa
E. Rela berkorban

4. Pak Indra bekerja sebagai guru dan dia wajib mengajar setiap hari dari senin sampai hari sabtu dengan mengemban banyak tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik. Ketika pulang ke rumah istri pak indra selalu mengeluh karena pemaslahan ekonomi yang semakin parah bahkan belum sempat memebayar iuran SPP yang sudah jatuh tempo. Bahkan istri pak indra sering meminjam atau berhutang beras dan lauk di warung dikarenakan gaji bulanan pak indra tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Nilai sosial pada cerita di atas adalah :

A. Pak indra adalah guru yang mengabdikan hidupnya sebagai pahlawan tanpa        tanda jasa
B. Pemerintah harus memperhatikan kesejahtraan semua guru
C. Seorang guru harus bias mencari pekerjaan tambahan di luar jam sekolah
D. Tindakan istri pak indra yang suka berhutang ke warung tetangga kurang baik
E. Istri pak indra tidak boleh menyambut suami yang baru pulang kerja dengan keluhan

5. Perang Diponegoro yang juga dikenal dengan sebutan perang jawa adalah perang besar dan berlangsung selama lima tahun (1825-1830) di pulau jawa, hindia belanda (sekarang Indonesia). Perang ini merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara. Sebab khusus terjadinya perang diponegoro adalah…

A. Wilayah kerajaan Mataram menciut karena diberikan kepada Belanda sebagai imbalan atas bantuannya pada Mataram
B. Aktivitas perdagangan Mataram merosot karena Pelabuhan-pelabuhan pantai Utara jawa telah diberikan kepada belanda
C.  Kekuasaan raja Mataram mengecil dan penghasilan kerajaan juga menurun
D. Meningkatnya pajak yang dibebankan kepada rakyat
E. Pembuatan jalan yang akan melalui makam leluhur diponegoro

6.    Bacalah paragraph penggalan teks cerita sejarah berikut ini dengan saksama!

(1)Sejak abad delapan belas, perdagangan antarpulau dan antardesa sudah berkembang dengan jayanya di nusantara. (2) Bahkan, perdagangan itulah yang menjadi tali persatuan nusantara, bukan serdadu atau pemusatan kekuasaan. (3) Perdagangan itu yang mendorong rasa berbangsa dan menjelmakan bahasa persatuan dengan huruf dan kalender yang sama. (4) Bahka, mampu mendorong tatanan hidup bermasyarakat yang multicultural di kota-kota pelabuhan dan pedalaman. (5) tentu saja penjajah tidak alpa menindas kehidupan perdagangan antardaerah, antarsuku, dan antardesa demi kepentingan hak monopili perdagangan mereka.

 

Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama pada teks cerita sejarah tersebut terdapat pada nomor….


A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)


7. Membudayakan kegemaran membaca bukanlah hal yang mudah. Banyak tentangan yang melatari pembudayaan kegemaran membaca, antara lain kurangnya pemahaman masyarakat terhadap kepentingan buku. Buku masih dianggap kebutuhan nomor sekian. Kenyataan menunjukan bahwa setelah kebutuhan pokok terpenuhi orang jarang menyisihkan yangnya untuk membeli buku. Sulit sekali menjadikan buku kebutuhan utama. Akan tetapi membeli sebuah kasut atau menonton film banyak orangtak sungkan-sungkan mengeluarkan uang.

Pernyataan berikut seseuai dengan wacana diatas, kecuali
A. Masyarakat kurang memahami arti pentingnya flim
B. Kegemaran membaca masih menghada banyak tantangan
C. Orang lebih suka menonton film daripada membaca buku
D. Banyak tantangan dalam membudayakan kegemaran membaca
E.Buku masih dianggap kebutuhan nomor sekian

8. Sekolah kami mengadakan kunjungan wisata ke Sumatra Barat. Salah satu yang kami kunjungi adalah danau Maninjau. Danau Maninjau sangat indah, kami menyempatkan berjalan di tepi danau dan merasakan segarnya air danau. Temanku menuliskan sebuah kalimat pada secarik kertas. Kemudian kertas tersebut dimasukkan dalm botol dan siap dilempar ke tengah danau. Pemandu wisata kami berteriak “indak buliah mambuang sarok di sika”! kami bingung dan saling berpandangan melihat kebingungan kami, ia mengulanginya dengan bahasa Indonesia “jangan membuang sampah di situ”. Dalam hal ini pemandu wisata telah menunjukan sikap menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila, yaitu sila dengan lambang….

A. Padi dan Kapas
B. Bintang
C. Pohon Beringin
D. Kepala Banteng
E. Rantai

9. Bupati Lamongan meresmikan Desa Pancasila sebagai desa wisata religi karena Desa Pancasila dinilai memiliki potensi besar sebagai contoh terlaksananya toleransi dan wujud dari Bhineka Tunggal Ika. Hal ini tercermin dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjamin hak asasi manusia sesuai wacana yaitu dalam….


A.   Pasal 27

B.    Pasal 28

C.   Pasal 29

D.   Pasal 30

E.    Pasal 31


10.    Sebuah toko kue menjadi viral karena memberikan perlakuan diskriminatif ke pelanggan, dalam undang-undang perlakuan diskriminatif ini dilarang keras. Sebagaimana dikutip dari undang-undang Nomor 9 Tahun 1999 tentang undang-undang perlindungan konsumen, diatur tegas bahwa hak konsumen adalah mendapatkan layanan tanpa diskriminasi apa pun. Pasal 4 huruf g berbunyi : Hak Konsumen adalah hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif. Sebenarnya hal ini tidak akan terjadi apabila took kue tersebut mengimplementasikan nilai-nilai pancasila, khususnya sila ke….


A. Ketuhanan Yang Maha Esa

B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

C. Persatuan Indonesia
D.Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan

E. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia


JAWABAN DAN PEMBAHASAN

1. Jawaban :  E

    Pembahasan :

Terjadinya kebakaran lahan membuat banyak pihak merasa tidak nyaman dan sudah dirugikan dalam berbagai aspek kehidupa,  sangat bertentangan dengan nilai pancasila sila ke 5 yakni tidak menghormati hak orang lain dan tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum atau orang banyak. Hak milik yang dimaksud disini adalah hak milik perusahan sawit tersebut.

2. Jawaban :  B

    Pembahasan :

Tujuan pendidikan pancasila mengarhkan perhatian pada moral/karakter yang diharpkan terwujud dalam kehidupan sehari-hari yaitu perilaku sesuai dengan isi dari pancasila itu sendiri.

3. Jawaban : A

    Pembahasan :

Dalam kasus Andi ini, warga telah melaporkan Andi ke pihak yang berwajib dan tidak melakukan main hakim sendiri, maka warga telah menunjukan sikap yang professional.

 4. Jawaban : D

    Pembahasan :

Nilai social adalah nilai-nilai yang didasarkan pada adat istiadat yang dianut pada masyarakat sosial  setempat, yakni tentang ukuran baik/buruk atau pantas/tidak pantasnya sesuatu di lakukan. Nah pada contoh di atas istri pak indra selalu berhutang ke warung tetangga yang seharunya itu tidak pantas dilakukan dan kurang baik.

5. Jawaban : E

    Pembahasan :

Pemasangan pathok oleh Belanda untuk pembangunan jalan yang melewati makam tanah leluhur Pangeran Diponegoro di Tegalrejo tanpa izin sehingga dianggap sebagai penghinaan terhadap Pangeran Diponegoro.

6. Jawaban :  E

    Pembahasan :

Kalimat pada opsi E tidak padu karena keluar dari ide pokok “perkembangan dan fungsi perdagangan di nusantara.”

7. Jawaban: A

    pembahasan:

karena jawaban B sampai dengan E ada di dalam kalimat tersebut, yang tidak ada dalam kalimat tersebut adalah A yaitu masyarakat kurang memahami arti pentingnya film.

8. Jawaban :  C

    Pembahasan :

Sesuai dengan Sila Ketiga dengan lambang Pohon Beringin, karena terdapat unsur mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa. Sementara apabila ada soal yang terdapat unsur mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia termasuk sila kedua atau ditunjukan dengan lambing Rantai.

9. Jawaban : C

    Pembahsan :

Pasal 29

1)   Negara berdasar atas ketuhanan yang maha esa

2)   Negara menjamin kemerdekaan tia-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.


10. Jawaban :  B

      Pembahasan :

Hal ini tidak akan terjadi apabila toko kue tersebut mengimplementasikan nilai dari sila kedua pada butir yang berbunyi “mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan social, warna kulit dan sebagainya.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter